Selasa, 12 Mei 2009

Mengetahui Jangkauan Vokal

Ada dua jenis musik yang banyak memainkan lengkingan vokal tinggi pada saat menyanyi. Jenis itu antara lain seperti rock dan opera. Setiap jenisnya ini memiliki konsistensi suara masing – masing. Seperti di dalam opera selalu dinyanyikan oleh penyanyinya secara konsisten. Sedangkan dalam rock, umumnya hanya dikeluarkan pada bagian – bagian tertentu. 
Biasanya penyanyi opera dan penyanyi rock memiliki jangkauan vokal yang tinggi dengan range vocal antara 3 oktaf sampai 4 oktaf. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa melebihi range vocal tersebut. Biasanya mereka memainkannya diawali dari nada rendah ke nada – nada tinggi sesuai range vocal mereka.  
Nah, bagaimana caranya kita untuk mengetahui range vocal kita sendiri?? Mungkin ini salah satu cara termudah bagi kita. Apabila kita bisa memainkan alat music baik itu keyboard atau gitar, kita bisa menggunakannya sebagai alat bantu untuk mengetahui jangkauan nada yang kita punya. Salah satu caranya yaitu dengan menyanyikan do-re-mi-fa-sol-la-si-do dari nada terendah yang kita punya. Kalau kita bisa menyanyikan do rendah ke do tinggi berarti kita sudah berhasil mencapai 1 oktaf. Apabila misalkan kita masih sanggup untuk menyanyikan doremifasol tersebut dari do yang 1 oktaf tadi, dan berhasil mencapai do tinggi yang kedua, berarti menandakan kita sudah berhasil mencapai 2 oktaf. Begitu terus sampai not tertinggi yang kita mampu capai. Atau mau cara yang lebih mudahnya lagi, kita dapat menanyakan seberapa tinggi nada yang kita bisa jangkau dengan guru vocal kita.  
Dibawah ini beberapa range vocal penyanyi – penyanyi dunia yang ada saat ini :
Jennifer Lopes :
Vocal Range : G3 – G5 (2 Oktaf)
Britney Spears:
Vocal Range : E5 – A5 (2.5 Oktaf)
Usher :
Vocal Range : F2 – F5 (3 Oktaf)
Beyonce Knowles :
Vocal Range : C3 – E6 (3.5 Oktaf)
Christina Aguilera :
Vocal Range : C3 – C7 (4 Oktaf)
Mariah Carey :
Vocal Range : A2 – G#7 (5 Oktaf)
Georgia Brown :
Vocal Range : G2 - G10 (8 Oktaf) 





0 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah seorang pemula untuk pembuat blog. Tapi saya bukanlah orang yang mau menyerah. Saya selalu berusaha untuk belajar dan menerapkan apa yang telah saya pelajari,,walau masih kacau. Karena itu saya mohon harap dimaklumi..

Recent Comments